Service AC Pangkalan Bun WA:081350329393

Melayani Service AC Panggilan daerah Pangkalan Bun

Harga Modul AC Jangan Sampai Salah beli

modul ac sharp
Sebagai Barang Elektronika AC merupakan salah satu perangkat yang terdiri dari beberapa perangkat yang di rangkai menjadi satu kesatuan utuh.

dari serangkaian inilah sehingga AC bisa berfungsi secara normal dan mampu menghadirkan suasana sejuk di ruangan anda.

lantaran terdiri dari bagian - bagian komponen , maka apabila salah satu yang kedapatan rusak. tidak fungsi maka kerja AC pun menjadi tidak maksimal bahkan rusak.

dari sekian banyak komponen dan alat Bengkel Service AC Pangkalan Bun akan membahasnya satu - persatu namun pelan - pelan ya... capek nulisnya. ^_^

untuk kali ini saya bahas perihal Modul AC / PCB AC.
Modul AC merupakan rangkaian electronic yang terdiri dari transformator sebagai power supply , IC sebagai otak utama, elco ,dioda , resistor dan beberapa komponen lain yang berperan sebagai controler AC baik itu power untuk menghidupkan dan mematikan, mengatur suhu hingga fiture lain seperti auto swing.

karena saking vitalnya fungsi modul AC maka apabila terjadi kerusakan akan sangat fatal , AC bisa tidak dingin. bahkan tidak mau nyala.

Penyebab erornya Modul AC
- Terkena Petir
- Voltase PLN tidak stabil
- terkena AIR
- Faktor Usia Komponen Modul itu sendiri

dari sekian penyebab, yang kedualah yang sering kita alami pemirsah ,lantas  bagaimana kita tahu AC kita terjadi kerusakan pada modulnya ?

- Terjadi aroma sangit/terbagar pada bagian indor AC
- AC tidak mau menyala sama sekali
- Remot tidak fungsi
- AC sering mati setelah 5 menit kemudian hidup sendiri meski tidak disetting timernya
- Fan berputar sangat pean meski sudah di sett paing kencang


Terus apakah kerusakan modul ini bisa di tangani ?
Jika anda bukan seorang ahli elektronika Obeng24 sarankan menggunakan jasa profesional service AC karena kerusakan ini tergolong berat.

Namun jika anda paham elektronika bisa mengikuti panduan singkat di artikel ini.

Pertama - tama kita harus tau Modul AC yang ada dalam AC type apa.
Karena Modul AC sendiri terdapat 2 macam jenis yakni

- Modul AC sistem relay
dimana modul ini ditandai terdapat beberapa realy untuk mengontrol AC
- Modul AC Sistem Triac
Fungsinya hampir sama namun tekhnologi ini biasanya di gunakan AC type keluaran terbaru.

jika sudah diketahui type modulnya kita bisa mulai periksa secara fisik apakah ada komponen yang hangus terbakar atau terlepas, jika secara fisik tidak ada kenampakan kerusakan anda bisa menggunakan bantuan alat multi tester.

jika sudah tau kerusakannya anda bisa mulai mencari solusinya

- Kerusakan Sekring / fuse
bisa diganti dengan ukuran yang sama dengan sekring yang lama , ini biasanya ditandai gosong karena putus terbakar akibat tegangan berlebih.

- Termistornya rusak
termistor merupakan sensor suhu yang mengontrol tingkat suhu ruangan secara otomatis, kerusakan pada termistor akan membuat AC terlalu dingin atau terlalu panas.
untuk mendeteksi kerusakannya silahkan menggunakan tester karena tidak bisa dengan pengamtan mata telanjang. apabila arus menunjukkan  2,5 VDC  dengan suhu kamar 25 derajat maka termistor masih dalam kondisi baik. jika tidak maka layak di ganti.

- Pin konektor longgar.
ini terjadi akibat sering bongkar/pasang saat service , atau memang komponen yang sudah mulai tua.
anda periksa socket2 yang kendor karena arus bisa terputus jika socket pin tidak menempel sempurna.

nah sobat Service AC pangkalan Bun demikian ulasan perihal kerusakan modu Ac , jika sudah mengerti kerusakan - kerusakan dasar tersebut anda tidak akan di bohongi lagi oleh oknum tukang service AC yang mau menyaraknan ganti modul baru padahal masih bisa di perbaiki.

Jika memang modul sudah benar - benar rusak total tidak bisa diselamatkan, silahkan di ganti utamakan dengan modul original. kenapa dengan modul original fungsi - fungsi ac akan sama tidak akan ada perubahan seperti aslinya.

memang dari sisi harga modul original sedikit lebih mahal kalau modul universal 150.000 maka modul original bisa sampai 450.000 tergantung type dan merk AC.

Obeng24 sendiri pernah melakukan penggantian modul AC original untuk merk Sharp , LG , Panasonic dan polytron dengan range harga antara 300.000 sd 500.000

semoga artikel ini bermanfaat salam obeng.

Penting Juga : Cara Agar AC Hemat Listrik


Banyak di cari

fungsi relay pada ac split
harga pcb ac
komponen pcb dan fungsinya
modul ac mobil
kelistrikan pada ac split
dinamo ac outdoor

Baca juga:

0 komentar



Emoticon