Service AC Pangkalan Bun WA:081350329393

Melayani Service AC Panggilan daerah Pangkalan Bun

12 Masalah Utama Kulkas / Lemari Es tidak dingin

penyebab kulkas tidak dingin
halo sobat obeng24 , lama sekali tidak update postingan dalam blog ini maklum jadi artis dadakan ๐Ÿ˜Œ,

seperti halnya AC dan perlengkapan pendingin lainnya , dengan kondisi suhu bumi yang kian memanas maka lemari es menjadi salah satu kebutuhan wajib yang harus ada di dalam rumah.

dengan adanya kulkas tugas istri menjadi lebih mudah karena bisa menyimpan beragam makanan serta sayuran menjadi tahan lama.

jangan kaget apabila tiba - tiba istri anda dirumah cemberut karena kulkas mereka rusak atau tidak mau dingin.

sebagai seorang laki - laki tentu anda harus bertindak cepat memahami kondisi ini sebelum terjadi perang dunia ke IV๐Ÿ˜…

apakah anda lebih memilih aman langsung memanggil tukang service untuk datang kerumah , atau berusaha mencari tau penyebabnya.

saran dari Obeng24 sih periksa terlebih dahulu sebelum memanggil tukan service, jangan sampai kita sudah datangin teknisi tenyata kerusakannya sepele misalkan colokan longgar.
kan malu sama istri masak gara - gara colokan longgar panggil tukang service๐Ÿ˜œ

berikut beberapa hal umum penyebab kulkas tidak dingin dari yang paling sepele ( non teknis) hingga rumit (teknis) Obeng24 akan jelaskan secara gamblang.

1. Supply Tegangan Listrik
Silahkan periksa dari ujung ke ujung kabelnya apakah tegangan listrik tersalurkan sempurna atau tidak.
periksa terminal colokan , kabel tegangan pastikan arus sampai pada soket pada motor kompressor.
pakai tespen ya broh biar gak kesetrum ๐Ÿ˜‹

2. Embun Es sudah menebal
bunga es  embun es atau bisa juga di sebut kerak Es merupakan penyebab sepele ke-2 kulkas anda menjadi tidak dingin.
mengapa bisa terjadi ? hal ini karena penurunan suhu yang mencapai titik minus di area refrigator menyebabkan pembentukan gumpalan - gumpalan es yang bila di biarkan akan menyumbat saluran udara dingin terhalang.

untuk mengatasinya bisa dengan cara memutar pengaturan suhu ke lebih hangat utamanya bila tidak ada benda / objek di dalam box pendingin.

cara lain yang bisa di lakukan ialah dengan mencabut sementara saluran listrik sampai embun es benar- benar mencair.

dan yang paling extrim dan tidak menyita waktu yaitu dengan menghembuskan udara panas baik melalui hair driyer , blower atau nyala lilin dapat mempersingkat proses ini.

3.  Pintu tidak menutup dengan sempurna
untuk penyebab ketiga lemari es tidak dingin bisa di karenakan faktor usia kulkas yang sudah renta.
pintu yang sering buka tutup menjadi tidak sempurna lantaran sealnya bocor , engsel tidak presisi sehingga sebagian udara dingin menerobos keluar.

4. Pengaturan Suhu pada mode plus.
kesalahan sepele yang terkadang tidak kita sadari yakni tanpa sengaja memutar knop suhu ke derajat yang lebih tinggi. hal ini tentu membuat kulkas tidak dapat mencapai suhu minus karena salah stel pengaturannya.

5. Makanan Panas
Bila anda seorang ibu rumah tangga , tolong jangan memasukkan makanan dalam kondisi masih panas ke dalam lemari Es. ini membuat kulkas harus bekerja ekstra untuk mencapai titik dinginnya.
sebaiknya di tiriskan terlebih dahulu 10-15 menit, baru di masukkan ke kulkas.

Faktor Teknis

6. Evaporator Bocor
Evaporator merupakan komponen untuk menyalurkan suhu dingin ke area frezer, banyak yang salah langkah ketika membersihkan kulkasnya dengan mencongkel Embun Es menggunakan pisau atau benda keras lainnya.
akibat congkelan / tusukan benda tajam inilah bisa saja kulkas anda tidak dingin. maka berhati - hatilah dalam membersihkan embun es.

7. Thermostat Rusak.
Termostat merupakan sensor suhu yang di letakkan di bagian dinding kulkas yang bertujuan mengetahui tingkat pendinginan dalam kulkas. bila pengguna memposisikan pada titik paling dingin , maka termostahat akan memberikan informasi ke komponen lainnya agar tetap melakukan proses pendinginan hingga mencapai titik suhu yang sudah di tentukan oleh user.
bila sudah tercapai maka termostat pula yang akan memerintahkan komponen lain untuk stop.

 8. Overload Jebol
ini juga bisa disebut sensor yang bertugas memutus dan menyambungkan arus listrik ( relai ) ke kompresor sesuai dengan perintah thermostat.
signal yang di kirim dari termostat akan di eksekusi apakah kompresor akan tetap di jalankan atau di hentikan menyesuaikan suhu yang ada di area box.
apabila overload jebol maka signal dari thermostat tidak akan berfungsi, yang akan mengakibatkan kompresor bekerja terus - menerus atau malah stop.

kalau sudah begini kulkas anda akan menjadi sangat dingin sekali atau sebaliknya panas sekali

9. Kompresor Lemah ( Ampere Tinggi )
kompresor merupakan komponen utama kulkas yang paling banyak mengkonsumsi daya / tegangan.
tegangan yang tidak stabil bisa membuat kompresor cepat rusak tidak bekerja maksimal.
ciri - cirinya kompresor yang sudah rusak ialah sangat panas ketika dinyalakan.

 10. Timer Tidak Fungsi.
khusus komponen timer hanya bisa di dapati pada kulkas 2 pintu, dia memiliki fungsi sebagai pengontrol seluruh komponen kulkas. dimana timer ini memiliki kontrol utama terhadap kompresor kapan harus melalukan flus defrost ( mencairkan bunga es ) atau flus digin.

11. Fuse / Sekring Putus.
semua perangkat elektronik di lengkapi sekring untuk menghindari arus berlebihan yang tidak di inginkan. sehingga lakukan pengecekan pada sekring apabila kulkas anda tidak bekerja maksimal.

12. Freon Habis
akibat kebocoran pipa - pipa saluran atau seal kompresor yang bocor bisa membuat gas freon terbuang sehingga kulkas tidak bisa lagi mendinginkan.

demikian artikel obeng24 perihal 12 masalah penyebab kulkas tadak bisa dingin  keterbatasan waktu dan perbedaan pemahaman tentang artikel terkadang memberikan hasil yang berbeda.

apabila sudah mencoba ke-12 langkah tersebut dan kulkas anda masih belum juga dingin. silahkan menghubungi teknisi langganan anda atau kontak team Obeng24.

Baca juga:

0 komentar



Emoticon